Minggu, 25 Desember 2011

TUGAS ETIKA PROFESI AKUNTANSI #

1. Apa yang saudara ketahui tentang IAI (Ikatan Akuntansi Indonesia), Jelaskan dengan singkat dan padat !
2. Jelaskan 4 kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh sebuah profesi, Berikan contohnya!


Jawab :
1. IAI (Ikatan Akuntansi Indonesia) adalah organisasi profesi yang beranggotakan Perseorangan dan Asosiasi yang telah memenuhi persyaratan keanggotaan yang diatur lebih lanjut di dalam Anggaran Rumah Tangga. IAI bertujuan mengembangkan dan mendayagunakan potensi akuntan Indonesia sehingga terbentuk suatu cipta dan karya akuntan Indonesia untuk didharmabaktikan bagi kepentingan bangsa dan negara. adapun fungsi daru IAI sebagai wadah komunikasi yang menjembatani berbagai latar belakang untuk menjalin kerjasama yang bersifat sinergi secara serasi, seimbang, dan selaras.

adapaun VISI dan MISI nya, yaitu :
Misi :
*memelihara integritas, komitmen, dan kompetensi anggota dalam pengembangan manajemen bisnis dan publik yang berorientasi pada etika, tanggungjawab, dan lingkungan hidup.

*mengembangkan pengetahuan dan praktek bisnis, keuangan, atestasi, non-atestasi, dan akuntansi bagi masyarakat.

*berpartisipasi aktif di dalam mewujudkan good governance melalui upaya organisasi yang sah dan dalam perspektif nasional dan internasional.

Visi :
Visi IAI adalah menjadi organisasi profesi terdepan dalam pengembangan pengetahuan dan praktek akuntansi, manajemen bisnis dan publik, yang berorientasi pada etika dan tanggungjawab sosial, serta lingkungan hidup dalam perspektif nasional dan internasional.

2. ada 4 kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh sebuah profesi, diantaranya :
  1. Kredibilitas adalah Kualitas, kapabilitas atau kekuatan untuk menimbulkan kepercayaan. Contonya : seorang karyawan dalam menjalakan tugasnya harus dapat dipercaya oleh atasannya, jika dia dapat dipercaya maka jabatanya akan dinaikkan.
  2. Profesionalisme adalah Setiap anggota harus berperilaku yang konsisten dengan reputasi profesi yang baik dan menjauhi tindakan yang dapat mendiskreditkan profesi. contohnya : setiap seseorang harus menunjukkan profesionalismenya dalam menjalankan setiap profesi yang dijalankan karena profesionalisme akan memberikan nilai lebih kepada orang tersebut.
  3. Kepercayaan adalah merupakan kunci untuk mempertahankan hubungan jamgka panjang antara organisasi dengan konsumen. contohnya : setiap menjalani sesuatu hal harus didasari dengan adanya kepercayaan, karena kepercayaan merupakan modal yang penting menuju kesuksesan.
  4. Kualitas Jasa adalah adanya keyakinan bahwa semua pelayanan yang diberikan pelaku senuah profesi memenuhi standar kinerja yang tinggi. contohnya : setiap perusahaan atau lembaga apapun harus memiliki kualitas yang baik dihadapan konsumennya agar mendapatkanrespon yang positif dan mendapatkan keuntungan yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar